Apa Manfaat Kesehatan dari Perawatan Hot Stone Massage?

Image 1: Perawatan Hot Stone Massage yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Hot Stone Massage adalah salah satu jenis terapi pijat yang banyak diakui manfaatnya. Terapi ini digunakan untuk membantu kamu menjadi lebih  rileks serta mengurangi ketegangan otot dan jaringan lunak di seluruh tubuh. Selama perawatan, batu yang halus dan rata akan dipanaskan dan diletakkan di bagian tubuh tertentu. Batu yang digunakan biasanya terbuat dari basal atau batuan sejenis batu vulkanik yang menahan panas. Menurut Layanan Kesehatan Universitas New Hampshire, Hot stone akan dipanaskan dalam suhu antara 130 dan 145 derajat. Batu-batu tersebut dapat diletakkan di sepanjang tulang belakang, perut, dada, telapak tangan, dan kaki. Terapis pijat dapat menggunakan batu yang dipanaskan saat mereka memijat tubuh dengan teknik pijat Swedia. Terkadang, batu dingin juga digunakan selama proses perawatan Hot Stone Massage. Batu dingin dapat digunakan setelah batu panas untuk menenangkan pembuluh darah yang membesar dan untuk menenangkan kulit. Semua pijat umumnya termasuk dalam salah satu pengobatan alternatif. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan setelah melakukan perawatan Hot Stone Massage.

Image 2: Rangkaian perawatan Hot Stone Massage yang tersedia di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

  • Membantu meredakan ketegangan otot dan rasa sakit

    Energi panas telah lama digunakan untuk meredakan ketegangan otot dan rasa sakit. Hot Stone Massage dapat membantu meningkatkan aliran darah pada daerah yang terkena pijatan. Selain itu, perawatan ini juga dapat mengurangi kejang otot dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.  

  • Mengurangi stres dan kecemasan

    Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2001 menunjukkan bahwa melakukan pijatan menggunakan Hot Stone selama sepuluh menit dapat meningkatkan respons kardiovaskuler yang dapat menyebabkan penyakit stroke. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa orang yang menjalani operasi kolorektal perut memiliki lebih sedikit rasa sakit, ketegangan, dan kecemasan setelah menerima pijatan pasca operasi.

  • Mempromosikan tidur

    Perawatan Hot Stone Massage dapat membantu mencegah insomnia. Hal tersebut dikarenakan dalam perawatan Hot Stone Massage, terdapat proses pemijatan yang dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan relaksasi dan memudah seseorang untuk tidur. Bahkan sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2006 menyebutkan bahwa pijatan dapat menjadi alternatif pil tidur pada orang dewasa yang menderita insomnia.

Image 3: Perawatan Hot Stone Massage yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, tersedia di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

  • Dapat membantu meringankan gejala penyakit autoimun

    Hot Stone Massage dapat meringankan kondisi yang menyakitkan seperti fibromyalgia. Fibromyalgia adalah suatu kondisi yang menyebabkan rasa sakit kronis yang menyebar luas. Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2002, orang-orang dengan fibromyalgia yang menerima pijatan 30 menit tidur lebih lama dan mengalami penurunan tingkat zat P (zat yang terlibat dalam mentransmisikan sinyal rasa sakit) dibandingkan orang dengan kondisi yang menerima terapi relaksasi. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan, sebelum pijat menjadi perawatan fibromyalgia standar. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2013 menemukan bahwa orang dengan rheumatoid arthritis disarankan untuk melakukan perawatan Hot Stone Massage. Partisipan dalam penelitian ini mengalami lebih sedikit rasa sakit.

  • Dapat membantu mengurangi gejala kanker

    Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Pain and Symptom Management meneliti bagaimana pijatan mempengaruhi rasa sakit, kelelahan, stres dan kecemasan, mual, dan depresi pada 1.290 orang yang menderita kanker. Studi ini menunjukkan pijatan dalam perawatan Hot Stone Massage dapat meningkatkan gejala kanker, bahkan pada mereka yang memiliki gejala substansial.

  • Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

    Pijat dalam perawatan Hot Stone Massage dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Satu sesi terapi pijat dalam perawatan Hot Stone Massage memiliki dampak positif pada kekebalan. Sampel darah yang diambil sebelum dan setelah pijatan menunjukkan penurunan arginin-vasopresin, hormon yang membantu mengatur tekanan darah dan retensi air.

Image 4: Segarkan tubuh setelah seharian bekerja dengan perawatan Hot Stone Massage yang tersedia di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Peringatan Sebelum Melakukan Perawatan Hot Stone Massage

Ketika dilakukan oleh terapis terlatih, pijatan batu panas umumnya aman. Ada beberapa keadaan yang harus dihindari. Konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan perawatan Hot Stone Massage, terlebih jika kamu memiliki beberapa permasalahan berikut.

  • Gangguan pendarahan atau pengentalan darah

  • Memiliki luka bakar

  • Memiliki luka terbuka

  • Riwayat pembekuan darah

  • Sudah menjalani operasi dalam 6 minggu terakhir

  • Osteoporosis parah

  • Jumlah trombosit yang rendah (trombositopenia)

  • Diabetes

Pijat prenatal dapat membantu menghilangkan stres dan mengurangi gejala kehamilan yang tidak nyaman. Namun, sebagian besar terapis pijat tidak akan menggunakan batu panas pada wanita hamil. Jika kamu sedang hamil, dan ingin melakukan perawatan Massage, usahakan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dan sudah mendapatkan persetujuan dari dokter. Pastikan juga bahwa terapis yang akan melakukan Prenatal Massage sudah dilatih dan berpengalaman. Untuk mencegah luka bakar, gunakan beberapa alat yang dapat melindungi kulit seperti handuk atau sprei, yang akan diletakkan di antara Hot Stone dan kulit. Pastikan bahwa terapis memanaskan batu dengan cara yang benar. Jangan pernah menggunakan batu yang telah dipanaskan dengan microwave, hot plate ataupun oven.

Image 5: Perawatan Hot Stone Massage yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Itu tadi beberapa manfaat kesehatan yang akan didapatkan setelah melakukan perawatan Hot Stone Massage. Hot Stone Massage bisa menjadi perawatan yang memiliki banyak manfaat. Untuk mendapatkan manfaat yang tepat dari perawatan Hot Stone Massage, pastikan untuk memilih terapis pijat yang profesional dan terlatih seperti di Alora - Hair, Beauty & Spa.

Alora - Hair, Beauty & Spa merupakan Salon Rambut dan Spa Kecantikan terbaik di Jakarta yang menyediakan layanan perawatan Hot Stone Massage dengan terapis yang profesional dan terlatih di bidangnya. Tertarik untuk melakukan perawatan Hot Stone Massage? Silakan cek di sini untuk informasi selengkapnya atau bisa juga menghubungi kami secara langsung.

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 812 9947 0636