Tips Menghilangkan Ketombe di Kepala

Memiliki Kulit kepala yang berketombe kadang membuat kita tidak nyaman dan menghilangkan kepercayaan diri. Hal tersebut dikarenakan ketombe bisa memberikan perasaan gatal yang mengganggu dan membuat rambut menjadi terlihat kotor. Kulit kepala yang berketombe sering dialami oleh beberapa orang. Yuk kita bahas secara tuntas tentang ketombe dan bagaimana cara merawatnya. 

download.jpg

Image 1: Kulit Kepala yang berketombe parah dapat dihilangkan dengan beberapa cara, salah satunya melakukan perawatan yang tepat

Apa itu Ketombe

Ketombe menjadi permasalahan sejuta umat manusia di dunia. Banyak orang mengalami ketombe dan bingung bagaimana cara mengatasinya. Namun, tahukah kamu, apa sih ketombe itu sendiri? Ketombe merupakan serpihan yang bisa dilihat di kulit kepala, biasanya berwarna putih atau keabu-abuan. Serpihan ini biasanya menimbulkan gatal yang membuat tidak nyaman. Ketombe biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: 

Image 2: Step-Step perawatan hair detox untuk kulit kepala berketombe dan rontok di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

  • Pertumbuhan Jamur 

    Jamur menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe. Menurut Kikam, yang merupakan seorang ahli Dermatologi dari Amerika Serikat, “Malassezia sp merupakan salah satu jamur yang normalnya hidup di kulit kepala. Sayangnya jamur ini bisa bertumbuh tanpa terkendali dan menyebabkan ketombe di kulit kepala”. 

  • Produksi Sebum Berlebih

    Tahukah kah kamu jika sebum tidak hanya terdapat di kulit saja, tapi juga terdapat di kulit kepala? Sebum ini menjadi penyebab dari munculnya ketombe di kulit kepala. Hal tersebut dikarenakan produksi sebum yang berlebihan dapat memicu timbulkan malassezia yang biasanya memakan sebum di kulit kepala. 

  • Faktor Gen

    Dalam sebuah jurnal “The journal of clinical and investigative dermatology” pada tahun 2015 terungkap bahwa kerusakan lapisan kulit kepala dapat diturunkan secara turun temurun. Sementara itu, lapisan pelindung yang rusak dapat menjadi faktor pembentukan ketombe yang dominan dan juga resesif.  

Image 3: Perawatan Hair detox di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta untuk mengatasi dan menghilangkan ketombe

  • Tidak Merawat Rambut dengan Benar

    Menurut Adeline Kikam, jarang mencuci rambut dan tidak merawat kulit kepala menjadi salah satu faktor munculnya ketombe. Hal tersebut dikarenakan, rambut yang kotor dapat menyebabkan minyak alami di kulit kepala menumpuk dan  mengelupas dengan sendirinya. Kulit kepala yang mengelupas itulah yang dapat menjadi ketombe pada di kulit kepala kita. 

  • Kondisi Medis

    Faktor lainnya yang menyebabkan kulit kepala menjadi berketombe adalah kondisi medis. Menurut Adeline Kikam, seseorang yang memiliki sistem imun yang lemah dan memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti memiliki penyakit Parkinson dapat memperbesar kemungkinan mengalami ketombe pada rambut. 

  • Perubahan Cuaca

    Bukan hanya kondisi kesehatan saja, cuaca juga menjadi menyebabkan kulit kepala berketombe. Menurut Uchenna R. Okereke, MD, FAAD, seorang ahli dermatologi yang bekerja di Rumah Sakit Umum Harvard mengungkapkan bahwa perubahan cuaca ekstrim dapat menjadi penyebab munculnya ketombe di kulit kepala. Perubahan cuaca dari musim semi ke musim panas atau sebaliknya bisa menyebabkan kulit kepala menjadi berketombe.

Image 4: Promos perawatan Hair Detox, perawatan menghilangkan ketombe di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Perawatan 

Ada beberapa cara untuk mengatasi ketombe pada rambut, dari mulai dengan menggunakan cara yang alami atau pun melakukan perawatan rambut di salon. Di Alora - Hair, Beauty & Spa sendiri menyediakan layanan khusus untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala, salah satu diantaranya adalah perawatan rambut Hair Detox. Hair Detox di Alora - Hair, Beauty & Spa sendiri menggunakan produk dari Naturica dengan 7 step perawatan yang bermanfaat untuk mengatasi ketombe di kulit kepala, mengatasi kerontokan pada rambut dan memperkuat akar rambut. Alora - Hair, Beauty & Spa merupakan Salon kecantikan dan Family Spa yang menyediakan beberapa perawatan rambut, seperti Hair Spa, Creambath dan lain-lain. Untuk info lebih lanjut bisa klik di sini atau bisa juga menghubungi kami secara langsung. 

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 812 9947 0636

Hair Color Consultation
Fidella (Whatsapp Only): +62 877 85000939