Tips Memotong Rambut Sendiri di Rumah Selama Pandemi

Pandemi membuat kita takut melakukan banyak hal. Ada yang takut pergi keluar rumah untuk berbelanja dan berakhir membeli perlengkapan secara online. Ada juga yang takut keluar rumah untuk melakukan perawatan rambut, bahkan untuk sekedar memotong rambut yang sudah panjang. Banyak di antara kita yang memilih untuk memanjangkan rambut selama pandemi. Meskipun rambut kita sudah terasa tak nyaman dan kusut. Namun ada juga yang memberanikan diri pergi ke salon untuk memotong dan merapikan rambut demi mendapatkan penampilan yang memuaskan. Nah untuk kamu yang masih khawatir pergi keluar rumah untuk memotong rambut, kamu bisa mencoba beberapa tips memotong rambut sendiri di rumah selama pandemi berikut!

Sebelum memotong rambut, pasti kan kamu memperhatikan beberapa hal berikut, ya, fellas. 

Image 1: Proses hair cut yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

  1. Potong rambut dalam keadaan basah atau kering

    Tak ada teknik yang benar maupun salah. Kamu bisa memotong rambutmu baik dalam keadaan basah maupun kering. Hanya saja, biasanya para ahli menyarankan untuk memotong rambut dalam keadaan basah agar kamu bisa mendapatkan potongan yang rapi sesuai dengan yang diinginkan. Namun, khusus untuk kamu yang memiliki rambut bergeombang ataupun keriting, kamu bisa mencoba memotong rambut dalam keadaan kering. Hal tersebut dikarenakan, dengan begitu kamu bisa lebih mudah melihat tampilan akhir setelah memotong rambut. Jika kamu masih bingung, kamu bisa mencoba menirukan stylist langgananmu saat memotong rambut.

  2. Gunakan gunting yang tepat

    Banyak yang mengira semua gunting bisa dipakai untuk menggunting rambut. Faktanya, setiap hair stylist memerlukan gunting khusus untuk memotong rambut. Gunting ini biasanya membuat hair stylist bisa mendapatkan potongan rambut yang rapi. Kebanyakan dari kita, pasti banyak yang memotong rambut dengan gunting biasa, padahal penggunaan gunting biasa untuk menggunting rambut dapat mengakibatkan rambut menjadi bercabang juga dengan hasil yang kurang rapi. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih gunting yang tepat saat hendak menggunting rambut sendiri di rumah. Kamu bisa membeli gunting khusus untuk menggunting rambut. 

  3. Tips memotong rambut model bob

    Model rambut bob menjadi salah satu model rambut yang paling banyak diminati di tahun 2021. Untuk itu, tak ada salahnya kamu memilih potongan saat hendak memotong rambut sendiri di rumah. Berikut beberapa tips memotong rambut model bob sendiri di rumah.

Image 2: Proses blow dry yang dilakukan setelah hair cut di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

  • Hal pertama yang perlu dilakukan, pisahkan bagian bawah rambut dan buat beberapa bagian (section) untuk dipotong pertama kali. Setelah itu, jepit rambut lainnya agar tak menghalangi rambut yang hendak dipotong. 

  • Kamu bisa menggunakan flat iron sebelum memotong rambutmu. Penggunaan flat iron dapat memudahkan untuk mendapatkan potongan yang lebih rapi. 

  • Potong rambut sesuai dengan yang kamu inginkan

  • Untuk memeriksa apakah hasilnya sudah rapi atau belum, kamu bisa menggunakan kaca yang lebih kecil untuk melihat potongan rambut di bagian kepala. Kamu juga bisa meminta bantuan saudara atau kerabat untuk memeriksa apakah hasilnya sudah rapi atau belum

  • Jika sudah dipotong, kamu bisa merapikannya kembali dengan menggunting bagian ujung rambut. Caranya, potong rambut dengan gunting yang mengarah ke atas agar mendapatkan hasil yang lebih rapi dan halus.

  •  Jika bagian pertama sudah digunting dan rapi, kamu bisa melanjutkan menggunting bagian rambut lainnya dengan panjang sesuai dengan rambut yang sudah kamu potong sebelumya.  Jika bagian ujung  rambut tidak rapi, kamu bisa merapikannya dengan gunting yang mengarah ke atas.

Image 3: Proses hair cut yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Itu dia beberapa tips memotong rambut sendiri di rumah selama pandemi yang bisa kamu praktikan. Memotong rambut sendiri memang lebih ribet dibanding memotong rambut di salon. Namun, tak ada salahnya untuk mencobanya sendiri selama kamu masih takut untuk pergi keluar rumah. Sebaliknya, jika kamu takut hasil potonganmu tak rapi atau justru berantakan, sehingga membuatmu tak percaya diri. Kamu bisa pergi ke salon sebentar untuk memotong rambut. Pastikan untuk memilih salon yang sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti, Alora - Hair, Beauty & Spa. Alora - Hair, Beauty & Spa merupakan salon dan family spa yang menawarkan berbagai perawatan, baik perawatan rambut maupun perawatan badan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai perawatan yang tersedia, bisa cek di sini atau bisa juga menghubungi kami secara langsung.

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 812 9947 0636