6 Tips Menjaga Kesehatan Rambut Selama Berpuasa

Saat berpuasa tubuh bekerja untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi ke seluruh tubuh. Apalagi dengan berkurangnya frekuensi yang masuk ke dalam tubuh, khususnya cairan dan mineral. Lebih lagi dengan kondisi cuaca yang panas, bisa semakin menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi.  Hal tersebut menyebabkan perubahan pada kondisi kulit dan rambut. Kulit dan rambut menjadi lebih kering dan kasar. Nah karenanya, berikut 6 tips menjaga kesehatan rambut selama berpuasa.

  • Cuci Rambut Secara Teratur

Membersihkan rambut dan kulit kepala secara rutin dapat mencegah munculnya ketombe dan masalah rambut lainnya. Karenanya, pastikan untuk selalu mencuci rambut secara teratur, maksimal 2 hari sekali. Selain membuat rambut menjadi bersih, mencuci rambut secara rutin juga dapat menghilangkan bakteri dan virus yang menempel di rambut setelah kamu pergi keluar rumah sehari. Jika kamu tak mempunyai waktu untuk mencuci rambut di pagi hari, kamu bisa mencucinya di malam hari. Namun, pastikan untuk mengeringkan rambutmu terlebih dahulu sebelum pergi tidur. 

Image 1: Proses Mencuci rambut yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta. Usahakan untuk mencuci rambut secara teratur selama ramadhan

  • Gunakan Sampo yang Sesuai dengan Kondisi Rambut

Pemilihan sampo yang kurang tepat dapat menimbulkan masalah pada rambut, seperti rambut yang berketombe, kerontokan pada rambut, dan membuat rambut kasar serta kering. Untuk itu, pastikan kamu sudah memilih produk sampo yang cocok dengan masalah  dan kondisi rambutmu.

  • Selalu Konsumsi Makanan Bernutrisi Tinggi

Menjaga asupan nutrisi saat sahur menjadi pilihan paling tepat untuk mencegah dehidrasi pada kulit dan rambut. Ada beberapa vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan rambut. Salah satunya vitamin A dan Protein. Vitamin A ini menjadi salah satu vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Vitamin ini biasanya terdapat dalam beberapa sayuran, seperti wortel, bayam, dan sayuran hijau lainnya. Selain mengkonsumsi sayuran mengandung Vitamin A, usahakan juga untuk mengkonsumsi telur, ikan, dan hati ayam yang mengandung banyak protein hewani. Kandungan protein sendiri memiliki peranan penting dalam mencegah kerontokan pada rambut. 

Image 2: Berikan beberapa vitamin dan konsumsi suplemen untuk kesehatan rambut. Bisa juga melakukan perawatan khusus untuk rambut di salon Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta dengan dilengkapi free back massage

  • Konsumsi Suplemen dan Vitamin

Saat ini, kita masih menghadapi pandemi. Untuk itu, sebagai nutrisi tambahan bagi tubuh dan untuk menjaga daya tahan tubuh, penting untuk mengkonsumsi suplemen dan vitamin selama berpuasa. Suplemen dan vitamin ini tak hanya baik bagi kesehatan tubuh tapi juga baik bagi kesehatan kulit dan rambut. 

  • Jangan Terlalu Sering Melakukan Styling Rambut

Penggunaan alat styling rambut seperti catokan dan hair dryer dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Pasalnya suhu panas yang dihasilkan dari alat styling rambut dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan kasar. Karena itu, pastikan untuk mengurangi penggunaan alat styling. Namun, jika kamu terpaksa harus menggunakannya, pastikan untuk menggunakan serum atau vitamin rambut terlebih dahulu sebelum menstyling rambut. Hal tersebut berguna untuk mencegah kerusakan pada rambut. 

Image 3: Proses perawatan hair spa di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

  • Rajin Melakukan Hair Spa

Selain memenuhi asupan dan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut, kamu juga bisa mencoba melakukan beberapa perawatan rambut sebagai salah satu cara untuk membuat rambut tetap sehat, bersih dan indah. Ada beberapa perawatan rambut yang bisa dicoba, satu di antaranya adalah Hair Spa. Hair Spa memiliki banyak manfaat, seperti membersihkan rambut, menghilangkan ketombe, menutrisi rambut serta kulit kepala, menguatkan akar rambut, melembutkan rambut dan menjaga kesehatan rambut. Perawatan Hair Spa ini biasanya bisa kamu coba di beberapa salon, kamu bisa mencoba Hair Spa di Alora - Hair, Beauty & Spa. Alora - Hair, Beauty & Spa menyediakan beberapa perawatan rambut seperti Hair spa, hair detox, dan creambath. 

Nah itu 6 tips merawat kesehatan rambut selama berpuasa. Tips ini bisa kamu terapkan selama berpuasa. Semoga kamu tetap semangat menjalankan ibadah puasa, ya, fellas. Jika kamu tertarik untuk melakukan hair spa di Alora - Hair, Beauty & Spa, kamu bisa cek informasinya di sini atau bisa juga menghubungi kami secara langsung.

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 812 9947 0636