Alasan Mengapa Me Time Sangat Penting Untuk Masyarakat Kota

Kemacetan lalu lintas, polusi udara, persaingan ketat, Beban kerja yang berat. Terdengar akrab? Itulah sekilas tentang bagaimana kehidupan ketika di kota besar. Jadi tidak masyarakat kota memiliki kecenderungan terkena stres lebih besar. Semua permasalahan di kota besar dapat menjadi faktor resiko individu memiliki kecenderungan genetik untuk depresi, gangguan kecemasan, skizofrenia, dan semakin besar predisposisi. Tak ada alasan yang mendasarinya, tapi yang jelas daerah perkotaan yang pada bisa jadi pemicu stres dan kesehatan mental yang buruk. Salah satu cara untuk menghindari masalah tersebut adalah dengan meluangkan waktu santai atau me time. Me time memiliki banyak manfaat baik secara fisik maupun psikologis. Berikut alasan mengapa waktu santai atau me time sangat penting untuk masyarakat kota.

  • Memungkinkanmu untuk me-reboot otak dan bersantai

    Selalu sibuk dengan kegiatan sehari-hari, menghadapi permasalahan di tempat kerja, belum lagi menghadapi kemacetan setiap saat membuat otak tak memiliki kesempatan untuk beristirahat dan memulihkan diri. Menjadi diri sendiri tanpa gangguan akan memberikan kesempatan untuk menjernihkan pikiran, fokus, dan berpikir lebih jernih. Me time dapat merevitalisasi pikiran dan tubuh pada saat bersamaan.

  • Membantu meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan produktivitas

    Ketika kamu menyingkirkan sebanyak mungkin gangguan dan interupsi dari hari ke hari, kamu akan lebih berkonsentrasi dan membantu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat.

  • Memberi kesempatan untuk lebih mengenali diri sendiri

    Ketika kamu menjadi bagian dari sebuah kelompok, kamu akan lebih mungkin mengikuti apa yang sedang dilakukan atau dipikirkan oleh orang lain di mana tidak selalu tindakan atau keputusan yang kamu buat akan berdasarkan pada diri sendiri. Me time dapat membuatmu lebih mengerti diri sendiri dan mengenali diri sendiri.

Image 2: Rangkaian Proses perawatan Spa dan Massage yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

  • Menyediakan waktu bagimu untuk berpikir lebih dalam

    Tanggung jawab dan komitmen sehari-hari dapat membuat daftar tugas tampak seolah-olah tak pernah ada habisnya. Kegiatan ini dapat menghambat kreatifitas dan mengurangi produktivitas.

  • Meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain

    Dengan menghabiskan waktu dengan diri sendiri dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang siapa kamu dan apa yang kamu inginkan dalam hidup, kamu akan lebih mungkin membuat pilihan yang lebih baik tentang siapa yang kamu inginkan dan juga dapat lebih menghargai hubungan dengan orang lain.

Menghabiskan waktu sendiri dan menyediakan waktu untuk memanjakan diri sendiri memang hal yang penting. Berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk membuat rileks tubuh.

  • Pergi ke taman

    Jika kamu tinggal di lingkungan apartemen yang dikelilingi oleh jalanan yang padat dengan lalu lintas dan lingkungan yang ramai. Lingkungan tersebut dapat menyebabkan stres dan memiliki efek negatif untuk suasana hati. Menghabiskan waktu dekat ruang terbuka hijau adalah salah satu cara untuk mengurangi stres.  

  • Membaca Buku

    Beberapa study menyatakan jika bagian otak kita yang merasakan empati akan bekerja dengan baik ketika membaca cerita fiksi misalnya. Jadi, cobalah untuk membaca cerita dengan toko yang karakter kuat atau tentang cerita-cerita motivasi. Jika kamu tak suka membaca, kamu bisa memilih untuk menonton beberapa episode dari TV series kesukaan mu.

Image 3: Rangkaian perawatan Spa dan Massage di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

  • Massage atau Spa

    Mungkin setiap orang pernah bisa mengalami stres. Stres yang berkelanjutan dapat mengakibatkan depresi yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Hal tersebut dikarenakan stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang menurun memudahkan datangnya berbagai penyakit pada tubuh. Body massage dapat mengurangi dan menghilangkan stres yang diderita. Sehingga hidup bisa jadi lebih bersemangat dan sehat. Body massage bisa dijadikan sebagai weekly treatment untuk menghilangkan semua rasa lelah dan stres akibat bekerja seharian penuh dan hiruk pikuk keadaan kota. Alora - Hair, Beauty & Spa menyediakan layanan Body massage dengan terapi yang profesional dan menggunakan bahan-bahan yang alami sehingga aman untuk kulit.

  • Mendengarkan Musik

    Carilah ketenangan dengan mendengarkan beberapa lagu yang dapat menenangkan. Tahukah kamu jika music memiliki peranan penting tentang suasana hati? Music yang didengarkan dapat mempengaruhi suasana hati. Untuk mendapatkan ketenangan, hindari mendengarkan musik dengan genre yang cepat dan keras karena dapat memperburuk suasana mu dan justru dapat membuat pusing kepala. Music relaksasi dapat membuatmu rileks dan memberikan ketenangan.  

  • Meditasi

    Penelitian menunjukkan bahwa meditasi menjadi salah satu cara yang tepat untuk menyalurkan energi dari stres menuju ke ketenangan.   

  • Bersepeda

    Menggunakan mobil dapat membuatmu jadi stres, karena kemacetan yang ada di mana-mana kadang dapat memicu stres.  Melakukan aktivitas fisik seperti bersepedah dapat membuat tubuh memproduksi hormon dopamin yang dapat meningkatan rasa bahagia sehingga dapat mengurangi stres atau bahkan depresi yang dialami.

Image 5: Layanan Spa dan Massage di Alora - Hair, Beauty & Spa sangat cocok menjadi pilihan Me time untuk kamu yang tinggal di Ibukota Jakarta

Itu tadi alasan mengapa waktu santai atau me time sangat penting untuk masyarakat kota. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghindari stres karena tinggal di kota besar, salah satunya dengan melakukan Body massage dan Spa. Tak mengherankan jika banyak salon kecantikan yang menyediakan layanan Spa dan Massage, karena memang masyarakat kota sangat membutuhkan layanan Spa dan Massage yang dapat menghilangkan otot kaku setelah bekerja.  

Alora - Hair, Beauty & Spa merupakan salah satu Salon Rambut dan Spa Kecantikan terbaik di Jakarta Barat yang menyediakan layanan body massage dan spa dengan terapis profesional dan ramah serta menggunakan bahan-bahan yang aman dan berkualitas. Untuk informasi selengkapnya mengenai Spa dan Massage, silakan cek di sini atau bisa juga menghubungi kami secara langsung.

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 812 9947 0636