Apakah Benar Bleaching Dapat Merusak Rambut? Begini Penjelasan Mengenai Bleaching | Hair Care

Image 1: Hasil cat rambut Partial Balayage yang membutuhkan proses Bleaching yang dilakukan di Alora - Hair, Beuaty & Spa di Jakarta

Bleaching adalah suatu proses menghilangkan pigmen warna alami pada rambut dengan menggunakan hydrogen peroxide. Mewarnai rambut secara menyeluruh seringkali memerlukan Bleaching untuk memunculkan warna dasar dari cat rambut. Mewarnai rambut tanpa Bleaching biasanya membuat warna dasar cat rambut menjadi tidak terlalu menonjol.

Bleaching rambut

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa Bleaching dan Highlight rambut dapat menyebabkan kerusakan. Meskipun benar, bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya, karena perawatan ini dapat terlihat cantik dan aman bila dilakukan dengan benar, selain itu produk pencerah warna rambut juga dapat membuat rambut halus tampak lebih tebal dan penuh. Ketika melakukan Bleaching ataupun highlight pada rambut, kamu hanya perlu memastikan bahwa melakukan langkah-langkah yang tepat untuk membuat rambut tetap sehat, terhidrasi dan terlihat baik.

Bagaimana Bleaching bekerja pada rambut?

Bleaching menghilangkan warna alami rambut mu melalui proses oksidasi. Proses oksidasi ini menguraikan warna pigmen pada batang rambut, itulah sebabnya Bleaching akan mengubah rambut hampir menjadi putih jika dibiarkan terlalu lama. Rambut yang berwarna putih sering berubah menjadi warna kuning, karena keratin yang merupakan protein rambut yang terbentuk secara alami adalah berwarna kuning pucat. Untuk mendapatkan tampilan rambut platinum blonde, rambutmu perlu diwarnai dan Bleaching. Tidak mungkin membuat rambut kamu jadi lebih terang tanpa bantuan Bleaching. Hidrogen peroksida dan amonia adalah bahan Bleaching yang paling umum digunakan dan sering dicampur bersama, karena ketika digunakan secara terpisah akan sangat lambat dalam menghilangkan pigmen alami rambut. Jangan tertipu oleh produsen yang menggunakan label bebas peroksida sebagai cara untuk mempromosikan produk mereka dengan label “hair-friendly”. Meskipun campuran tersebut tidak mengandung peroksida, tetapi tetap saja produk tersebut akan mengandung oksidator lain untuk menciptakan efek yang sama merusaknya pada rambut.

Image 2: Hasil cat rambut Silver Light Blonde yang membutuhkan proses Multiple Bleaching yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Bleaching rambut dan kerusakan yang ditimbulkan

Dari semua metode pewarnaan, Bleaching berpotensi paling merusak rambut, oleh karena itu idealnya selalu dilakukan oleh seorang profesional. Bleaching meningkatkan kutikula luar rambut untuk memungkinkan obat yang dipakai sepenuhnya menembus pada rambut. Namun, Bleaching berulang secara permanen dapat meningkatkan skala kutikula yang memungkinkan hilangnya kelembaban secara cepat dan terus menerus. Kerusakan dari Bleaching di antaranya rambut kering, rapuh, tidak elastis, dan rambut yang menjadi lebih rentan pecah dan bercabang. Rambut yang melalui proses Bleaching lebih berpori karena rentan terhadap proses kimia dan non kimia. Hal ini termasuk juga dengan cairan atau obat kimia yang digunakan dalam proses pengeritingan dan pelurusan rambut. Semua Bleaching memiliki efek merusak pada struktur protein rambut. Hal tersebut berarti semakin sering kamu melakukan Bleaching pada rambut, maka rambut akan semakin mengalami kerusakan. Sebenarnya, jumlah kerusakan yang terjadi tergantung pada tingkat perubahan warna. Misalnya dari warna gelap menjadi lebih terang adalah yang paling berbahaya bahan Bleaching yang digunakan lebih kuat dan dibiarkan lebih lama.

Image 3: Hasil cat rambut warna Grey dengan proses 3x Bleaching yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Tes alergi

Biasanya tidak perlu memiliki tes sensitivitas kulit (uji tempel) untuk melakukan Bleaching saat digunakan sendiri. Namun agen Bleaching biasanya memiliki berbagai warna yang ditambahkan untuk menghentikan rambut berubah menjadi berwarna kekuningan. Jika pewarna ditambahkan untuk proses Bleaching, kamu harus selalu melakukan uji tempel terlebih dahulu. Pastikan untuk segera memberitahu stylist, jika mengalami ketidaknyamanan apapun selama proses Bleaching terjadi.

Cara melindungi rambut

Cara terbaik untuk mengatasi kekeringan, kerapuhan, dan kerusakan adalah menggunakan perawatan deep-shampoo deep conditioning tiga hari sebelumnya dan juga setelah melakukan Bleaching, juga setiap seminggu setelahnya. Ini akan memberikan rambut kelembaban dan membuatnya lebih elastis serta cenderung tak mudah patah. Perawatan pre shampoo yang benar juga menambah kilau dan membuat tampilan rambut lebih bouncy. Gunakan produk harian yang khusus untuk menjaga rambut dari kerusakan, sehingga rambut dapat terhidrasi, berkilau dan terlindung dari kerusakan lingkungan sehari-hari. Produk seperti ini juga membantu menutup celah yang disebabkan oleh kutikula yang terangkat. Meskipun kamu mungkin tidak menata rambut sepanjang hari, tidak terpapar polusi, AC, angin dan sinar UV. Tetap gunakan  produk untuk melindungi rambut. Bleaching mengangkat kutikula rambut, menyebabkan rambut saling bertautan dan kusut dengan mudah. Tak heran jika rambut yang melakukan Bleaching rentan terhadap kerusakan dan patah. Ketika kutikula rusak, korteks (inti) rambut menjadi terbuka, yang membuat rambut menjadi rentan terhadap kehilangan kelembaban dengan cepat. Jangan menyikat atau menarik rambut secara kasar karena dapat menyebabkan rambut rentan patah. Gunakan produk rambut yang dapat membantu menutup dan menghaluskan kutikula rambut. Produk ini akan membantu mengurangi penguapan air dan memberikan penampilan yang glossy dan sehat pada rambut.

Image 4: Proses Bleaching yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Itu tadi penjelasan tentang apakah Bleaching dapat merusak rambut. Meskipun Bleaching dapat menyebabkan kerusakan pada rambut, hal tersebut bukan berarti kamu tak dapat mewarnai rambut dengan menggunakan Bleaching. Bleaching masih dapat digunakan dan aman dilakukan selagi dilakukan oleh hair stylist yang profesional dan melakukannya sesuai aturan dan langkah yang tepat. Bahkan hair stylist yang baik dan profesional akan membantu meminialisir kerusakan rambut yang sudah diwarnai dengan Bleaching, seperti hair stylist di Alora-Hair,Beauty & Spa yang menawarkan layanan pewarnaan rambut dengan Bleaching lengkap dengan proses perawatan yang dapat dilakukan setelah melakukan proses Bleaching seperti perawatan rambut bond multiplier by Elgon yang dapat menjaga dan mencegah rambut dari kerusakan akibat diwarnai. Alora-Hair,Beauty & Spa juga mewarkan layanan hair coloring dengan berbagai teknik seperti balayage, ombre, highlight dan sombre.

Alora - Hair, Beauty & Spa merupakan salon dan spa kecantikan award-winning di Jakarta yang menawarkan layanan pewarnaan rambut dengan Bleaching. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Bleaching bisa cek di sini atau bisa juga hubungi kami langsung.

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 813 9851 0226