Tips Warna Rambut yang Cocok Untukmu: Shade Vs Tone

Image 1: Hasil pewarnaan rambut dengan Teknik Toning yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Mewarnai rambut menjadi pilihan banyak orang untuk sekedar mengganti atau mengubah penampilan agar tampak lebih mempesona. Namun ada juga beberapa orang yang mengecat rambut dengan bertujuan untuk menutupi uban, sehingga penampilan diri tampak lebih awet muda. Banyak dari kita yang masih bingung dengan istilah pewarnaan seperti Tone dan Shade. Padahal mengetahui berbagai istilah pewarnaan sangat penting untuk kamu yang hendak memutuskan mewarnai rambut, dengan begitu dapat membantumu mengetahui cara mencampur warna yang tepat. Berikut tips warna rambut yang cocok untukmu: Shade vs Tone.

Shade vs Tone

  • Shade

    Shade mendeskripsikan seberapa terang atau gelap warna rambut, biasanya stylist menyebutnya dalam skala angka dari mulai 1 (hitam) hingga 10 (Platinum Blonde termasuk warna paling terang).

  • Tone

    Tone menggambarkan warna-warna rambut. Misalnya warna Blonde level 9 yang biasanya memiliki Gold tones, Neutral tones, atau Ash tones tergantung pada hasil yang diinginkan.

Tips Warna yang cocok untukmu

Ash Hair Tones.jpg
  • Ash

    Warna Ash sangat cocok diaplikasikan pada seseorang yang memiliki kulit berwarna putih bersih. Meski begitu bukan berarti kamu yang memiliki warna kulit gelap tak bisa mengaplikasikannya. Untuk mendapatkan warna ini kamu harus berkonsultasi dengan Stylist profesional di salon, karena warna ini termasuk warna yang sulit untuk didapatkan. Jika kamu memiliki rambut dengan warna Ash, make up dengan lipstik matte warna Pink atau Orange dapat memberikan penampilan yang menakjubkan. Memiliki rambut dengan warna Aashy pasti membuatmu ingin menata rambut, lebih bagus lagi jika kamu memiliki gelombang pada rambut yang berwarna Ashy. Rambut Ashy memang harus melakukan styling, karena rambut Ashy akan cenderung terlihat kusam jika tak melakukan styling. Tak perlu khawatir dengan kerusakan yang akan terjadi jika mewarnai rambut dengan warna Ash, Purple Shampo akan membantu mempertahankan warna Ash pada rambut. Gunakan Purple Shampo minimal sekali seminggu untuk mempertahankan kilau pada rambut.

neutral hair tones.jpg
  • Neutral

    Neutral termasuk warna yang membutuhkan beberapa kali pengaplikasian warna, terutama jika sebelumnya rambutmu berwarna gelap. Sama seperti warna Ash, warna Neutral juga perlu perawatan dengan menggunakan Purple Shampo setiap saat. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari warna yang terlihat kusam. Warna Neutral dapat diaplikasikan untuk semua orang. Namun yang perlu diperhatikan sebelum memilih warna Neutral adalah ‘apakah warna ini paling cocok untukmu?’, kadang hanya karena kamu dapat menggunakan warna Neutral bukan berarti warna Neutral menjadi pilihan warna terbaik untukmu.  

Gold Hair Tones.jpg
  • Gold

    Beri penjelasan pada stylist tentang warna Gold yang diinginkan. Setiap orang memiliki ide yang berbeda tentang warna emas. Sehingga sebisa mungkin untuk membawa foto sebagai referensi warna. Selain itu kamu bisa mencari referensi warnanya di internet yang menyediakan berbagai macam model warna. Hal tersebut untuk menghindari kesalahan warna. Semua orang cocok menggunakan warna ini, tak ada seorangpun yang tidak terlihat bagus dengan warna Gold selama warnanya tidak terlalu terang atau gelap untuk warna kulit.

Warm Gold Hair Tones.jpg
  • Warm Gold

    Sama seperti warna Gold warna Warm Gold juga cocok diaplikasikan pada semua orang. Jika kamu mempunyai Pink tones di kulitmu, kamu bisa mewarnai rambut dengan warna Bronze. Warna Warm Gold dapat diaplikasikan pada rambut yang terang dan pada rambut yang berwarna gelap. Warna Warm Gold akan lebih terlihat pada rambut gelap saat di bawah sinar matahari dibanding saat berada di dalam ruangan.

Hints of Red Hair Tones.jpg
  • Hint of Red

    Banyak orang tak terlalu suka mewarnai rambut berwarna merah dan kadang menyesal akan hal itu, selain itu warna merah biasanya termasuk ke dalam warna yang sulit untuk dihilangkan. Jika kamu ingin menghilangkan warna merah pada rambut, kamu bisa menggunakan Clarifying Shampoo sekali atau dua kali seminggu untuk memudarkan warnanya sedikit lebih cepat. Setelah kamu mewarnai rambut dengan warna merah, kamu harus pintar bermain dengan warna-warna makeup, karena bisa saja makeup yang biasa kamu gunakan tidak terlalu cocok diaplikasikan setelah rambutmu berubah jadi warna merah.

Red Hair Tones.jpg
  • Red

    Ada beberapa warna merah yang bisa jadi pilihan dan inspirasimu untuk mewarnai rambut. Seperti warna Ginger, Copper/Orange, Blue Reds dan Purple Reds. Kamu tinggal memilih warna merah mana yang paling cocok untuk mu.

Image 7: Hasil cat rambut warna Ash Balayage yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Itu tadi tips warna rambut yang cocok untukmu: Shade vs Tone. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan warna rambut. Hal tersebut dikarenakan kesalahan dalam mewarnai rambut karena tak cocok dengan warna kulit dan Tone kulit dapat mengakibatkan penyesalan. Untuk itu, selalu usahakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan Hair Stylist sebelum mewarnai rambut.

Alora - Hair, Beauty & Spa merupakan Salon Rambut dan Spa Kecantikan terbaik di Jakarta Barat yang menawarkan layanan Hair coloring seperti Balayage, Ombre, highlight, dan Sombre dengan Hair Stylist yang profesional. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Hair coloring, silakan cek di sini atau bisa juga menghubungi kami secara langsung.

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 812 9947 0636