Kenapa Rambut Menjadi Sangat Berminyak? Penyebab Mengejutkan yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

Image 1: L’oreal Hair Spa yang ada di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta dapat mengatasi masalah pada rambut seperti rambut berminyak

Kamu yang memiliki rambut yang cenderung berminyak pasti bertanya-tanya ‘Kenapa rambut saya bisa begitu berminyak?’. Jika kamu memiliki rambut yang berminyak, dan melihat seseorang yang tampaknya memiliki rambut yang berkilau dalam sekejap mata, kamu mungkin akan iri ketika melihatnya, dari produksi sebum, hingga over styling, ada banyak faktor yang menyebabkan rambut jadi berminyak.

Mengapa rambut menjadi berminyak?

Menurut Peter Bailey, Manajer Teknis Global Unilever menjelaskan bahwa di dalam folikel rambut, ada sesuatu yang disebut kelenjar sebaceous yang bertanggung jawab untuk memproduksi sebum. Sebum ini terbuat dari koktail lipid atau bahan berlemak, sebum membuat jalan keluar dari folikel sepanjang serat rambut. Sebum inilah yang membentuk lapisan berminyak atau lapisan di atas permukaan rambut dan dapat membuat rambut terasa berminyak atau kotor. Selain itu, jika sebum dibiarkan tetap berada di rambut untuk jangka waktu yang lama, ia dapat diserang dan dipecah oleh mikro organisme di kulit kepala.

Siklus rambut berminyak

Apapun penyebabnya, kulit kepala berminyak dapat semakin buruk dengan berbagai usaha untuk mengatasinya. Sebagai contoh, kamu mungkin berpikir bahwa mencuci rambut adalah salah satu cara untuk mengganti minyak. Secara logis, it tampak mungkin. Tapi inilah yang terjadi. Kamu bangun dengan kulit kepala yang berminyak, sehingga kamu mencuci rambut untuk menghilangkan minyaknya. Dalam prosesnya, kamu menghilangkan sebum alami pada rambut. Respon tubuh saat itu adalah mengganti minyak alami yang hilang. Terkadang respon tersebut berlebihan, sehingga rambut akan menjadi lebih berminyak dari sebelumnya. Jadi sebenarnya, semakin sering kamu mencuci rambut, justru semakin banyak minyak yang dihasilkan oleh kulit kepala.

Image 2: Perawatan Hair Spa di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta dapat membuat rambut jadi lebih lembut bebas dari minyak

Menghentikan Siklus Produksi Sebum

Cara terbaik untuk menghentikan sebum oversecretion adalah dengan tidak mencuci rambut terlalu sering. Cara lainnya untuk memutus siklus produksi sebum ini adalah dengan mengubah sampo dan kondisioner. Kamu mungkin salah memilih produk yang memiliki sedikit bahan pelembab. Sebaiknya pilih produk sampo dan kondisioner yang dapat menyeimbangkan kelembaban minyak di kulit kepala. Selain itu, jangan melewatkan penggunaan kondisioner, gunakan kondisioner dengan benar pada ujung-ujung rambut dan bilas dengan baik. Formulasi ringan dari kondisioner dapat bekerja dengan baik.  

Cara Mengatasi Rambut Berminyak

  1. Cek cara mencuci rambut yang benar

    Pastikan kamu keramas dengan benar. Kadang-kadang penyebab rambut jadi berminyak adalah karena sampo dan kondisioner yang belum dibilas sepenuhnya dan masih tertinggal serta menempel di kulit kepala.  

  2. Cuci rambut dengan air dingin

    Air panas dapat menstimulasi kelenjar yang menghasilkan sebum.Jadi, bilas rambut dengan air dingin untuk membantu menutup kutikula rambut, mencegah kerusakan pada rambut dari alat styling yang menghasilkan panas.

  3. Kurangi penggunaan hair dryer

    Kapanpun jika memungkin biarkan rambut kering dengan sendirinya, atau setidaknya jauhkan rambut dari alat styling yang menghasilkan panas. Udara panas dapat merangsang produksi minyak berlebih.

  4. Melakukan perawatan Hair Spa

    Hair Spa merupakan perawatan untuk membantu mengatasi masalah rambut rusak seperti rambut kering, kusam, berminyak sampai rambut kaku. Perawatan ini ditujukan untuk memberikan nutrisi pada akar rambut untuk merevitalisasi kulit kepala serta menguatkan folikel rambut sehingga menjadikan rambut sehat secara keseluruhan. Alora-Hair,Beauty & Spa menawarkan layanan Hair Spa dengan menggunakan produk Shiseido Professional dan Loreal yang dapat dipilih sesuai dengan kondisi dan jenis rambut.   

  5. Gunakan dry shampoo

    Dry shampoo bagus untuk penyerapan minyak dan sangat direkomendasikan untuk digunakan pada saat kamu tidak keramas. Dry shampoo tidak hanya langsung menghilangkan minyak, tapi juga menambah volume dan menyerap bau pada rambut.

Image 3: Rangkaian perawatan Hair Spa yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Nah itu tadi penyebab rambut menjadi sangat berminyak dan cara mengatasinya. Rambut berminyak menjadi salah satu permasalahan rambut yang banyak dialami oleh semua wanita. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan perawatan seperti Hair Spa dan Hair Mask di Alora - Hair, Beauty & Spa.

Alora - Hair, Beauty & Spa merupakan Salon Rambut dan Spa Kecantikan terbaik di Jakarta Barat, menawarkan layanan Hair Spa dari mulai menggunakan produk tradisional sampai menggunakan produk Shiseido dan L’oreal. Untuk informasi lebih lanjut, silakan cek disini atau bisa juga menghubungi kami secara langsung.

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 812 9947 0636