Fakta Menarik Seputar Kerutan di Wajah (Wrinkle) dan Perawatan untuk Mengatasinya

Image 1: Manfaat Facial yang dikombinasikan dengan Red Light Therapy yang ada di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Masalah kulit wajah yang sering membuat para wanita khawatir selain jerawat adalah kerutan atau wrinkle. Kerutan atau wrinkle biasanya terjadi pada bagian-bagian tubuh yang mendapat paparan sinar matahari paling banyak, termasuk wajah, leher, punggung, tangan dan bagian atas lengan bawah. Jangan mengira bahwa kerutan hanya bisa datang saat usiamu sudah tua. Penuaan dini atau kerutan sekarang bisa menimpa pada wanita yang masih muda. Hal tersebut dikarenakan tidak merawat kulit dengan benar. Berikut fakta menarik seputar kerutan di wajah dan perawatan untuk mengatasinya.

Image 2: Gold Facial, Anti Aging Specialist yang ada di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Fakta menarik seputar kerutan di wajah

  1. Ada dua jenis kerutan, yaitu dinamis dan statis. Kerutan dinamis berkembang seiring waktu sebagai akibat dari gerakan otot berulang. Contohnya lipatan nasolabial (garis-garis yang terlihat dari sudut luar hidung ke sudut luar mulut) semakin terlihat setelah bertahun-tahun tersenyum. Itu lah penyebab banyak orang menyebut kerutan ini sebagai garis ‘senyum’. Sedangkan Kerutan statis terjadi sebagai akibat dari sifat turun temurun, faktor lingkungan, kebiasaan gaya hidup tertentu atau proses penuaan alami.

  2. Kerutan biasanya disebabkan oleh hilangnya kekencangan dan elastisitas kulit seiring waktu. Bahkan bayi yang baru lahir, bagaimanapun memiliki kerutan di area sendiri di mana fleksi dan kontraksi cenderung terjadi di dalam rahim

  3. Pada orang tua, kulit di daerah yang yang tertutup cenderung memiliki kerutan normal yang akan semakin terlihat seiring waktu

  4. Kerutan tidak hilang secara spontan kecuali dalam keadaan yang sangat tidak biasa seperti sel-sel abnormal atau zat lain ke dalam kulit sebagai bagian dari proses penyakit sistemik.

  5. Kerutan cenderung terjadi di daerah kontraksi otot, seperti otot frontalis, corrugator, dan obricularis. Ocali pada wajah bagian atas terhubung erat dengan fasia superfisial dan secara karakteristik menghasilkan kerutan horizontal permanen pada dahi dan kerutan vertikal di antara di sekitar mata.

  6. Ada jenis kerutan khusus yang dikenal sebagai selulit. Selulit paling sering terjadi pada wanita tetapi mungkin juga ada pada beberapa pria. Selulit sering dikaitkan dengan obesitas. Biasanya selulit muncul di pinggul atau pantat. Kulit yang terkena tampak seperti memiliki penampilan “kulit jeruk”. Selulit terkait dengan jaringan lemak yang herniates ke lapisan bawah kulit yang lebih dalam (dermis).

Image 3: Kombinasi Gold Facial dan Blue Light Therapy yang menjadi Favorit di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Penyebab muncul kerutan di wajah

Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya kerutan di wajah, berikut beberapa faktor penyebab munculnya kerutan di wajah.

  1. Rokok

    Kebanyakan orang tahu bahwa merokok dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini, tetapi apakah kamu tahu mengapa hal tersebut terjadi? Pertama, merokok menghilangkan oksigen dalam darah yang penting untuk kulit yang sehat. Kedua, menyempitkan pembuluh darah, membuat pembuluh darah kesulitan membawa oksigen ke aliran darah ke sel, termasuk sel-sel kulit. Ketiga, merokok mengandung zat kimia yang dapat merusak ke dalam aliran darah. Selain itu juga mengurangi kolagen dan elastin yang merupakan dua protein penting untuk kulit elastis. Tanpa protein ini, kulit akan mulai kendur. Semua efek samping ini menyebabkan kulit kusam, kering dan kendur.

  2. Sinar UVA

    Meskipun kulit warna coklat karena berjemur akan terlihat bagus dalam beberapa minggu, efek dari paparan sinar matahari tidak terlihat bagus. Sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan yang tepat dengan menggunakan tabir surya yang mengandung SPF dapat menyebabkan kerutan serta bintik-bintik hitam pada kulit yang dikenal dengan hiperpigmentasi. Berjemur tanpa perlindungan yang tepat juga dapat menyebabkan kanker kulit.

  3. Stres

    Tahukah kamu bahwa ternyata stres memiliki kontribusi dalam menyebabkan kerutan di wajah. Ketika kamu terus menerus merasa stres, kemungkinan besar kamu akan meringis atau mengernyit berulang kali. Hal seperti ini dapat mengembangkan kerutan dinamis seperti garis-garis cemberut atau kerutan vertikal yang berkembang di antara alis mata. Mempelajari cara mengelola stres sangat penting untuk mencegah keriput, dan untuk kesehatanmu secara keseluruhan. Berjalan-jalan, mandi air hangat, atau berlatih pernapasan dalam-dalam dapat membantu mengatasi stres. Bahkan memeluk orang yang dicintai telah terbukti mengurangi efek stres.

Image 4: Proses Gold Facial di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta yang dapat mengurangi kerutan di wajah

Perawatan yang dapat mengatasi dan mencegah kerutan atau wrinkle

  1. Retinoid

    Di antara perawatan medis, ini adalah cara yang paling terbukti dan efektif untuk memperbaiki tanda-tanda penuaan seperti pigmentasi tidak merata dan kerutan. Pada awalnya, obat-obatan ini menyebabkan kemerahan dan pengelupasan. Meskipun ini bisa tidak menyenangkan, perbaikan terjadi ketika pengelupasan berhenti.

  2. Facial

    Ada beberapa jenis Facial yang bermanfaat dan berfungsi sebagai anti aging, seperti Gold Facial yang ada di Alora - Hair, Beauty & Spa yang menawarkan layanan Gold Facial dengan mengkombinasikan LED light therapy yang menutrisi sekaligus memberikan hasil yang maksimal pada saat perawatan Facial.

  3. Diet sehat

    Makan makanan bergizi sangat penting dalam membantu mencegah kerutan. Misalnya, mengonsumsi makanan utuh dengan jumlah antioksidan penangkal radikal yang tinggi, vitamin C dan vitamin E membantu memperbaiki tekstur kulit, membuatnya tetap elastis dan lentur. Menghindari junk food juga penting dalam melawan kerutan. Mengkonsumsi terlalu banyak gula akan mengaktifkan proses fisiologis yang disebut glycation, yang menyebabkan protein yaitu termasuk kolagen dan elastin jadi mengeras. Konsumsi cukup air mineral agar tetap terhidrasi sehingga membantu membuang racun keluar dari tubuh.

  4. Moisturizer

    Moisturizer untuk sementara dapat membuat kerutan terlihat berkurang. Iklan sering mengatakan bahwa moisturizer dapat mengurangi tampilan garis-garis halus, tetapi pelembab tidak membuat garis-garis itu hilang secara permanen.

  5. Deep peels

    Peels jenis ini menggunakan bahan seperti asam salisilat dan asam trikloroasetat dan menembus lebih dalam ke kulit. Kulit yang lebih dalam ini melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk menghaluskan garis-garis halus. Namun, secara umum, semakin dalam kulit, semakin besar kemungkinan efek samping, seperti perubahan warna kulit. Kulit seperti itu bisa jadi tidak nyaman, jadi tanyakan dulu apa yang akan terjadi.

  6. Dermabrasi

    Prosedur dermabrasi akan mengelupaskan sel kulit mati dan membantu menstimulasi pertumbuhan kolagen yang dapat mengurangi kerutan di wajah. Untuk menghilangkan kerutan di wajahmu, kamu bisa mencoba melakukan perawatan diamond dermabrasion di Alora - Hair, Beauty & Spa yang bermanfaat untuk mengurangi kerutan, garis halus di wajah, dan menstimulasi produksi kolagen.

Image 5: Perawatan Facial yang dikombinasikan dengan High Frequency yang ada di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Itu tadi fakta menarik seputar kerutan di wajah dan perawatan untuk mengatasinya. Kerutan di wajah kadang tak dapat dibendung kehadirannya karena banyak faktor yang dapat menyebabkan munculnya kerutan seperti polusi yang terjadi di mana-mana. Untuk itu penting untuk merawat kulit wajah dengan melakukan berbagai perawatan seperti Facial.

Alora - Hair, Beauty & Spa merupakan Salon Rambut dan Spa Kecantikan terbaik di Jakarta Barat yang menawarkan layanan Facial dengan berbagai jenis dan manfaat yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit yang dikombinasikan dengan teknologi High Frequency dan LED Light Therapy sehingga hasilnya akan lebih efektif. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Facial, silakan cek di sini atau bisa juga hubungi kami secara langsung.

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 813 9851 0226