Perbedaan Permanent Hair Color, Semi Permanent dan Toning Hair

Image 1: Proses Hair Toning yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Pewarnaan rambut makin digemari oleh banyak perempuan saat ini. Bahkan ada banyak wanita yang tak bisa melupakan momen saat pertama kali mereka mewarnai rambut. Ada beberapa perasaan yang biasanya menghampiri ketika perempuan hendak mewarnai rambut, antara gembira karena akhirnya dapat mewarnai rambut dengan warna yang diinginkan sejak lama, ada juga perasaan takut dan khawatir bahwa hasilnya tidak sesuai ekspektasi. Selain karena takut mendapatkan hasil yang tak sesuai dengan keinginan, perempuan biasanya ragu untuk mewarnai rambut karena ada begitu banyak teknik dan istilah dalam proses pewarnaan rambut yang masih terdengar asing dan membingungkan. Beberapa istilah yang sering didengar namun masih menimbulkan kebingungan diantaranya tentang perbedaan permanent Hair Color, Semi Permanent Hair Color, dan Toning Hair. Untuk kamu yang masih bingung dengan ketiga istilah tersebut, yuk disimak penjelasan tentang perbedaan Permanent Hair Color, Semi Permanent, dan Toning Hair berikut.  

 Pengertian Permanent Hair Color, Semi Permanent Hair Color dan Toning Hair

  • Permanent Hair Color

    Permanent Hair Color mengandung zat amonia dan hidrogen peroksida, bekerja sebagai pengangkat pigmen asli rambut, sehingga cat rambut dapat masuk ke dalam batang rambut dan terserap secara permanen pada rambut.  

  • Semi Permanent Hair Color

    Semi Permanent Hair Color hanya mengandung hidrogen peroksida dan bebas amonia. Tidak bekerja seperti pewarna permanen yang masuk hingga batang rambut, hanya melapisi batang rambut dengan pewarna, sehingga cat lebih mudah luntur.

  • Toning Hair

    Toning hair merupakan proses pewarnaan rambut dengan menggunakan toner tanpa memerlukan proses bleaching sebelumnya. Toner biasanya digunakan untuk memberikan kesan kilap/kilauan warna tertentu pada rambut atau untuk memperkuat warna asli rambut, pewarnaannya sendiri pun mudah luntur dalam 2- 3 bulan sehingga proses toning harus diulang kembali.

Image 2: Salah satu Produk Semi Permanent Color yang digunakan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Perbedaan Permanent Hair Color, Semi Permanent dan Toning Hair

  • Daya tahan

    Permanent Hair Color dapat bertahan selama mungkin alias permanen dan susah untuk dihilangkan. Tapi biasanya ada yang melakukan pewarnaan ulang yang bertujuan untuk mempertegas warna. Untuk pewarnaan ulang bisa dilakukan dalam jarak waktu 4-6 bulan sekali. Sedangkan Semi Permanent Hair Color memiliki daya tahan yang tidak selama seperti Permanent Hair Color,  ketahanannya hanya bisa bertahan mulai dari 1-4 bulan tergantung dari produk masing-masing. Toning hair memiliki daya tahan yang jauh lebih cepat lagi. Toning hair sangat mudah luntur dan biasanya hanya bisa bertahan selama 2- 3 bulan.

  • Perawatan

    Permanent Hair Color dan Semi Permanent Hair Color sama-sama membutuhkan perawatan rambut ekstra, karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya yang dapat merusak rambut. Sedangkan toning hair tidak perlu memerlukan perawatan ekstra, karena kandungannya yang menggunakan bahan kimia yang lebih sedikit apalagi terbebas dari amonia.

  • Kandungan bahan kimia

    Permanent Hair Color mengandung bahan kimia seperti zat amonia dan hidrogen peroksida, sedangkan Semi Permanent Hair Color hanya mengandung hidrogen peroksida. Toning hair memiliki kandungan bahan kimia yang jauh lebih sedikit dibanding dengan pewarna rambut lainnya, karena toning bebas dari amonia. Sehingga tidak akan mengakibatkan kerusakan pada rambut. Toning sendiri biasanya dipakai untuk menyembunyikan uban.

Image 3: Hasil cat rambut warna Silverish Grey Balayage yang dilakukan di Alora Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Itu tadi perbedaan Permanent Hair Color, Semi Permanent, dan Toning Hair. Apa kamu sudah cukup jelas dengan perbedaan antara Permanent Hair Color, Semi Permanent dan Toning?

Alora - Hair, Beauty & Spa merupakan Salon Rambut dan Spa Kecantikan terbaik di Jakarta Barat yang menawarkan layanan Hair Coloring yang meliputi balayage, highlight, ombre dan sombre. Untuk informasi lebih lanjut bisa cek di sini atau bisa hubungi kami langsung.

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 812 9947 0636