Dasar-Dasar Hair Color: Hair Lighteners | Hair Color Basics

Image 1: Hasil cat warna Grey- Brown Balayage dengan proses Prelightening yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Lightening hair biasanya merupakan proses persiapan untuk mengaplikasikan satu tindakan dalam menembus warna atau toner. Biasanya menggunakan produk pencerah untuk mencerahkan rambut ke warna yang diinginkan. Stylist yang baik tidak akan menjanjikan pada klien bahwa mereka akan dapat mencerahkan rambut hitam atau coklat gelap ke warna platinum atau putih terang. Hal tersebut dikarenakan pigmen yang ada dalam rambut tidak memungkinkan untuk mendapatkan warna tersebut. Lebih lagi jika rambut sebelumnya belum pernah melakukan pewarnaan sebelumnya. Beberapa stylist ada yang dapat membuat rambut yang sangat gelap ke warna yang jauh lebih terang. Namun prosesnya mungkin memerlukan lebih dari satu pengaplikasian lightener untuk mencapai warna yang sesuai.  

Kategori Hair Lighteners

Stylist professional biasanya menggunakan beberapa macam Hair Lighteners. Pada dasarnya ada beberapa jenis Hair Lighteners yang dirancang untuk mencapai tujuan pewarnaan rambut tertentu. Hair Lighteners yang digunakan oleh stylist professioal diklarifikasikan dalam kategori berikut:

  • Oil Lighteners

    Oil Lighteners biasanya terdiri dari campuran hidrogen peroksida dengan minyak tersulfonasi. Lightener berbasis minyak paling sering dicampur dengan developer volume 20  atau beberapa aktivator yang lebih terang. Banyak dari aktivator pencerah mengandung amonium persulfat. Amonium persulfat yang bekerja selaras dengan hidrogen peroksida dan Lightener untuk menghilangkan warna merah oranye, atau kuning yang tidak diinginkan di rambut. Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa Lighteners rambut hanya meminimalkan warna. Kenyataannya, Lighteners benar-benar menghapus warna itu sendiri meski tidak seperti Bleaching. Kebanyakan Lightener bekerja paling efektif selama satu jam pertama setelah diterapkan pada rambut meskipun dalam beberapa kasus mereka akan terus berubah menjadi terang hingga dua jam setelah aplikasi awal. Colored oil Lighteners dapat menghilangkan pigmen saat menambahkan tone warna pada saat bersamaan. Pada dasarnya colored oil Lighteners diklasifikasikan menurut tindakan yang mereka berikan pada rambut.

Image 2: Hasil cat rambut Grey dengan Prelightener yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

  • Cream lighteners

    Cream Lighteners dianggap sebagai jenis lightener yang paling populer. Hal tersebut dikarenakan Lighteners jenis ini mudah untuk diterapkan dan tidak mudah menetes ataupun mengering seperti yang terjadi pada Lighteners lainnya. Selain itu, Lighteners jenis ini juga mengandung conditioning  yang bermanfaat untuk memberikan perlindungan dari bahan kimia.

  • Powder of Paste Lighteners

    Lighteners jenis ini merupakan Lighteners tercepat, karena mengandung penguat pembebas oksigen (oxygen releasing boosters) dan zat inert untuk memberikan tindakan yang lebih cepat dan kuat dalam mencerahkan rambut. Paste Lighteners akan bertahan dengan baik, tidak berair tetapi dapat mengering lebih cepat dari Lighteners krim. Lighteners ini tidak mengandung conditioner dan dapat membuat rambut kering serta membuat kulit kepala jadi iritasi.

Image 3: Hasil cat rambut Balayage dengan Lightener Cream yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Lighteners biasanya digunakan untuk mereka yang ingin mewarnai rambut tanpa bleaching. Ada beberapa warna yang dapat diraih dengan menggunakan Lighteners seperti brown, copper, dan caramel brown. Alora - Hair, Beauty & Spa sendiri merupakan family spa award- winning yang  menawarkan layanan Hair Coloring dengan menggunakan Lightener rambut. Untuk informasi selanjutnya mengenai Hair Coloring, silakan cek di sini atau untuk informasi mengenai Balayage bisa cek di sini. Bisa juga menghubungi kami secara langsung.

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 813 9851 0226