Berapa Banyak Rambutmu yang Rontok dalam Sehari? Kamu Mungkin Akan Terkejut Jika Mengetahuinya

Image 1: Hair Spa by Shiseido Professiona yangl dapat mengatasi kerontokan, kini tersedia di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Kebanyakan wanita meninggalkan jejak rambut di semua pakaian, di kamar mandi dan bahkan di sisir rambut. Jika sudah begitu, kamu mungkin mulai mempertanyakan berapa jumlah normal rambut yang rontok sebenarnya. Bahkan mungkin mulai mempertanyakan ‘Berapa banyak rambut yang rontok setiap harinya?’

Menurut Peter Bailey, Global Technical Manager, Perawatan rambut di Unilever mengatakan bahwa ada rata-rata jumlah rambut yang hilang per hari ditentukan oleh siklus alami pertumbuhan rambut. Jadi dapat disimpulkan bahwa jumlah kerontokan rambut yang terjadi pada setiap orang dapat berbeda tergantung pada sejumlah faktor seperti genetika dan usia. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Kenapa Rambut Rontok?

Kehilangan rambut di sisir atau wastafel? Jangan panik! Rambut rontok setiap hari adalah kejadian normal. Berikut dua alasan utama kerontokan rambut.

  • Siklus Rambut

    Dari empat fase pertumbuhan yang dilalui setiap rambut yaitu Anagen, Catagen, Telogen dan Exogen. Dari keempat fase tersebut, hanya yang terakhir yang dikenal sebagai tahap ‘pelepasan’. Setelah fase Exogen, folikel kembali ke tahap Anagen dan rambut baru mulai tumbuh. Ini melengkapi siklus rambut normal. Ketika faktor-faktor seperti genetik, usia atau penyakit mengganggu siklus ini, hal tersebut dapat menyebabkan kerontokan yang lebih cepat.

  • Kerusakan Rambut

    Jika kamu memiliki rambut yang rusak atau patah, kamu mungkin lebih mungkin mengalami rambut yang terlepas dan kerontokan. Kerontokan tersebut biasanya bukan kerontokan rambut di bagian akar, tetapi patah di bagian tengah. Kerusakan rambut menyebabkan kecenderungan patah yang lebih besar.

Image 2: Rangkaian perawatan Hair Spa yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Berapa banyak normalnya rambut rontok?

Tidak ada jumlah kerontokan rambut yang normal yang dapat didistribusikan kepada semua individu. 100-150 helai per hari dianggap sebagai jumlah rata-rata kerontokan rambut dari akarnya. Baik wanita dan pria bisa kehilangan lebih banyak atau kurang dari itu tergantung pada kesehatan rambut dan usia mereka. Setiap faktor yang mempengaruhi siklus rambut alami pada akhirnya akan menentukan berapa banyak rambut rontok setiap harinya.

Penting juga untuk diperhatikan bahwa setelah melahirkan, beberapa wanita mengalami kerontokan rambut yang tinggi. Hal ini disebabkan karena reaksi alami pada perubahan hormon selama kehamilan. Dalam kehamilan, rambut tetap dalam fase Anagen. Setelah lahir, ada banyak proses kerontokan ketika rambut melalui siklus lagi secara berulang. Hal ini akan kembali normal dalam 6-8 minggu

Image 3: Nikmati waktu me timemu dengan perawatan Hair Spa yang ada di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Apa yang harus dilakukan jika kamu khawatir akan kerontokan rambut?

Pada akhirnya jika kamu memperhatikan perubahan dalam jumlah kerontokan yang kamu alami, kamu dapat mulai dengan mengobatinya menggunakan bahan-bahan alami. Jika belum berpengaruh, kamu bisa mencoba beberapa perawatan di salon menggunakan produk-produk profesional yang dapat mengurangi kerontokan seperti melakukan Hair Spa di Alora - Hair, Beauty & Spa yang menggunakan Shiseido Hair & Scalp Nourishing Cream Spa yang dapat mengatasi masalah pada kulit kepala dan rambut, salah satunya kerontokan.


Alora - Hair, Beauty & Spa merupakan Salon Rambut dan Spa Kecantikan di Jakarta Barat yang menawarkan layanan Hair Spa dan Hair mask yang dapat mengatasi kerontokan dari mulai menggunakan bahan alami seperti  madu dan telur serta pengaplikasian coconut oil yang dapat mengurangi kerontokan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Hair Spa, silakan cek di sini atau bisa menghubungi kami secara langsung.

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 813 9851 0226