Balayage vs Ombre: Apa Perbedaannya? Manakah Teknik Pewarnaan yang Tepat Untukmu? | Cat Rambut

Image 1: Hasil cat rambut Caramel Balayage yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Tak terasa sudah memasuki awal tahun 2019. Itu artinya, saatnya tren baik di dunia fashion dan beauty juga berganti. Selain itu, biasanya saat akhir tahun atau pergantian tahun, banyak orang mulai berpikir untuk mengubah penampilan mereka agar terlihat berbeda dan terlihat lebih segar. Salah satu cara paling cepat dalam mengubah penampilan seseorang adalah dengan mengubah warna rambut. Dalam pewarnaan rambut sendiri, Balayage dan Ombre menjadi dua gaya pewarnaan rambut yang paling banyak diminati selama beberapa tahun terakhir. Lalu apa sih perbedaan Balayage vs Ombre? Dan Teknik pewarnaan apa yang tepat untukmu? Simak penjelasan berikut ini.

Ombre: Solusi Warna Rambut yang Memukau

Apa itu Ombre?

Dalam bahasa Perancis, Ombre berarti “bayangan”. Dalam pewarnaan rambut, Ombre adalah efek warna rambut dramatis dua warna yang biasanya memiliki warna lebih gelap di bagian atas dan memiliki warna lebih terang di bagian bawah. Seringkali, bagian atas rambut merupakan warna asli alami rambut dan bagian bawah merupakan rambut yang sudah diwarnai dengan warna yang lebih terang. Gaya rambut Ombre sendiri bisa berupa kombinasi warna apa saja, dari mulai warna blonde, coklat atau merah atau warna-warna yang lebih berani seperti merah muda, biru, hijau dan ungu. Teknik pewarnaan Ombre sangat fleksibel dapat disesuaikan dan cocok untuk sebagian besar rambut baik rambut yang panjang maupun yang memiliki panjang sebahu. Kelebihan dari Ombre adalah kamu bisa menghemat biaya perawatan karena kamu tidak perlu terlalu sering melakukan touch up karena bagian atas yang tetap gelap. Tampilan keseluruhan warna rambut Ombre dapat berubah saat rambut mulai tumbuh dan tampilan tersebut banyak disukai oleh klien.

Berbagai jenis Ombre

Versi Ombre yang lebih halus disebut Sombre. Dalam teknik pewarnaan Sombre, kontras antara kedua shade warna rambut akan terlihat lebih lembut. Variasi lain dari Ombre disebut dengan color melting. Dalam color melting, dua atau tiga warna rambut dapat digunakan pada setiap helai dan masing-masing warna dicampur dengan sikat warna rambut sehingga warna akan tampak melebur dan menyatu satu sama lain. Seperti Ombre, color melting dapat dilakukan dengan nuansa warna rambut yang tampak alami atau dengan warna-warna pelangi yang menyenangkan.

Apakah Ombre cocok untukmu?

Jika kamu termasuk pribadi yang kreatif dan suka bereksperimen dengan gaya rambut, kamu bisa memilih Ombre. Pastikan rambut kamu sehat untuk mewarnai rambut dengan Ombre, jika rambut kamu tidak sehat dan terlihat kusam, warna rambut akan lebih cepat pudar. Jika perlu lakukan perawatan rambut seperti hair spa dan hair mask untuk memperbaiki kondisi rambut sebelum pergi ke salon untuk mewarnai rambut dengan Ombre.

Image 2: Hasil cat rambut Partial Balayage yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Balayage: Solusi Mewarnai Rambut dengan Lebih Halus

Apa itu Balayage?

Dalam bahasa Perancis, Balayage berarti “Menyapu”. Dalam pewarnaan rambut, Highlight Balayage dilukis dengan tangan atau disapu di sepanjang permukaan rambut. Pengaplikasian warna dimulai dari akar dan secara bertahap menjadi lebih terang di bagian ujung rambut. Karena warna rambut atau pencerah rambut terkonsentrasi pada permukaan setiap bagian, sedangkan bagian bawahnya tetap lebih gelap sehingga memberi rambut efek dimensi yang sangat alami. Hasil akhir rambut Balayage lebih halus dan memberi efek alami, seperti sunkissed yang banyak diminati oleh selebriti.  Balayage dapat dilakukan pada warna rambut apa saja, dari rambut blonde, merah, dan warna coklat. Meskipun biasanya warna-warna yang cerah bukan menjadi pilihan pertama untuk seseorang yang memiliki rambut coklat alami yang sangat gelap. Balayage bagus diaplikasikan pada rambut panjang dan rambut sedang, Seperti Ombre, Balayage lebih hemat biaya karena tidak perlu sering melakukan touch up, karena rambut bagian atas tetap lebih gelap.

Image 3: Proses pewarnaan rambut Balayage yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Berbagai tipe Balayage

Karena Balayage adalah teknik pewarnaan rambut menggunakan tangan, seni penata rambut ikut berperan dan memungkinkan banyak variasi dan komposisi warna yang indah. Hair colorist mungkin menggabungkan beberapa warna, misalnya untuk hasil dimensi yang berkilauan. Jika rambut kamu gelap, hair stylist mungkin memilih teknik foilayage. Dalam foilayage, alih-alih membiarkan pewarnaan diproses begitu saja dengan tangan, Hair colorist akan membungkus rambut dengan foil yang memberikan lebih banyak panas dan akan memperkuat proses pencerahan warna rambut. Balayage dapat dikombinasikan dengan highlight konvensional.

Apakah Balayage cocok untukmu?

Jika kamu menyukai warna rambut yang tampak seksi dan alami, Balayage menjadi pilihan paling tepat. Warna rambut Balayage akan menghidupkan setiap gaya rambut yang kamu miliki.

Image 4: Hasil cat rambut Opal Color Balayage yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Itu tadi penjelasan tentang Balayage vs Ombre dan perbedaanya. Balayage dan Ombre memang menjadi salah satu teknik pewarnaan rambut yang sangat hype dan menjadi tren. Tak heran jika teknik pewarnaan ini banyak diminati karena memang banyak kelebihan dari keduanya dibanding dengan teknik pewarnaan lainnya. Balayage dan Ombre juga menjadi salah satu yang paling banyak direquest di Alora - Hair, Beauty & Spa ketika klien ingin mewarnai rambut.

Alora - Hair, Beauty & Spa merupakan salon rambut dan spa kecantikan award-winning di Jakarta yang menawarkan layanan pewarnaan rambut dengan teknik Balayage, Ombre, Sombre dan Highlight. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Balayage, bisa cek di sini atau hubungi kami secara langsung.

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 813 9851 0226