Fakta Seputar Jerawat dan Perawatan yang Dapat Membantu Mengatasi Jerawat | Facial

Image 1: Rangkaian perawatan Facial yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami banyak orang. Tapi sementara kamu mungkin menganggapnya sebagai bagian normal ketika tumbuh dewasa, kamu harus menyadari bahwa kondisi ini juga datang dengan penyebab yang mendasarinya. Sebenarnya, peradangan yang terjadi di bawah kulit karena jerawat ada hubungannya dengan sistem kekebalan tubuh, apa yang terjadi di dalam tubuh, juga kebiasaanmu.

Apa yang coba jerawat katakan padamu

Menurut obat tradisional Cina, jerawat menunjukkan kelemahan atau keracunan pada bagian tubuh tertentu. Ada juga keyakinan tertentu yang mengasosiasikan jerawat dengan anomali kesehatan. Jika kamu memiliki jerawat dan sudah merasa itu cukup mengganggu, kamu akan ingin menyingkirkannya. Berikut penjelasan lebih rinci tentang beberapa fakta penting seputar jerawat.

  1. Jerawat di dahi

    Jerawat di dahi termasuk salah satu hal yang umum dan biasa-biasa saja serta banyak yang mengalaminya. Tapi tahukah kamu bahwa jerawat di dahi biasanya berasal dari bakteri dan banyak berkaitan dengan kebiasaan gaya hidup? Ini juga terkait dengan masalah pencernaan dan mungkin terkait dengan kesulitan dalam memecah makanan yang kamu telan.

  2. Jerawat di antara alis

    Jerawat yang ada di antara alis biasanya hasil dari makan makanan berminyak dan berlemak serta mengkonsumsi alkohol.

  3. Jerawat di pipi

    Udara yang tercemar adalah salah satu penyebab jerawat di pipi. Polusi lingkungan, serta udara di dalam rumah menjadi beberapa faktor yang berkontribusi yang biasanya kamu dapatkan. Demikian juga, kebiasaan seperti meletakkan hal-hal kotor langsung di pipi seperti smartphone adalah kebiasaan yang dapat mentransfer kuman dari perangkat canggih mu ke wajah. Merokok menjadi faktor lain yang membuat kulit terkena polutan.

  4. Jerawat di hidung

    Hidung menjadi salah satu tempat yang paling sering jerawat muncul. Kamu harus tahu bahwa ada hal-hal penting yang bisa menyebabkan jerawat di hidung. Jerawat ini muncul disebabkan oleh kebiasaan menyentuh hidung. Tangan kamu berperan sebagai perantara antara hidung dengan minyak dan bakteri yang menyumbat pori. Kadang-kadang jerawat muncul karena akibat dari perubahan hormon dan bahkan pilihan kosmetik yang salah.

  5. Jerawat di dagu

    Jerawat yang muncul di dagu adalah umum di antara wanita, terutama selama satu periode. Sering terjadi karena perubahan hormonal atau sebagai bagian dari siklus menstruasi. Selain itu, bisa juga terjadi ketika tangan kotor bersentuhan dengan dagu.

Image 2: Kombinasi antara Gold Facial dan LED Light Therapy yang ada di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Faktor Penyebab Jerawat

  1. Fluktuasi hormon

    Hormon adalah salah satu penyebab paling umum jerawat, terutama sebelum menstruasi. Ini terjadi sebagai akibat dari hormon yang berfluktuasi dan biasanya muncul di daerah dagu, leher, dan punggung.

  2. Tingkat stres

    Menurut penelitian, kortisol, hormon stres yang dikeluarkan oleh kelenjar adrenal untuk membantu tubuh mengatasi stres, juga mengandung testosteron. Hormon ini meningkatkan kelenjar minyak yang mengarah pada peningkatan produksi minyak dalam tubuh yang menyebabkan berjerawat.

  3. Polusi udara

    Faktor utama penyebab munculnya jerawat adalah polusi udara, terutama untuk yang tinggal di daerah perkotaan. Hal yang sering kamu lihat ketika membersihkan wajah dengan kapas hanyalah sebagian kecil dari polusi yang telah terpapar pada kulit.

  4. Gula dalam makanan

    Kamu akan memiliki banyak alasan untuk menghindari permen karena efeknya pada kulit. Gula dapat memicu peningkatan produksi insulin yang dapat meningkatkan minyak yang dapat menimbulkan jerawat.

  5. Makanan kaya akan yodium

    Ada makanan tertentu yang dapat memicu jerawat dan sementara kamu mungkin mempertimbangkan makanan tertentu seperti coklat, pizza, kafein, makanan berminyak dan kacang-kacangan sebagai penyebab utama jerawat kamu, kamu harus menyadari bahwa ini belum terbukti. Namun, disarankan untuk menghindari makanan yang kaya yodium, terutama yang ditemukan pada kerang dan beberapa sayuran seperti rumput laut dan bayam. Makanan ini tidak akan segera menampilkan jerawat, tetapi setelah beberapa minggu atau bulan, efek mulai muncul di permukaan kulit.

  6. Produk makeup makeup yang salah

Produk kecantikan yang kamu gunakan harus sesuai dengan jenis kulit, jika tidak, ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat atau berjerawat. Untuk orang-orang dengan kulit berminyak atau kombinasi, produk harus memiliki label "bebas minyak," "noncomedogenic," atau "berbasis air.

7. Kesalahan dalam membersihkan wajah

Proses pembersihan wajah menjadi bagian khas dari rejimen kecantikan. Kamu mungkin masih melakukannya dengan keliru. Bahkan, pembersihan terlalu sering dan secara intens dapat memperburuk masalah jerawat. Cara terbaik adalah menggunakan pembersih wajah yang lembut yang dapat membantu mengontrol jerawat dan tidak akan memperparah masalah jerawat.

Image 3: Penggunaan Teknologi High Frequency bersama dengan Facial yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Dos dan Don’ts untuk perawatan jerawat yang efektif

  1. Tahu produk kecantikan yang cocok untuk kulit

    Beberapa produk kecantikan yang mengandung minyak dapat menyebabkan jerawat. Untuk mencegah jerawat, cara yang terbaik adalah dengan memilih produk yang memiliki label oil control atau bebas minyak dan non komedogenik. Produk-produk ini memiliki resiko minimal penyumbatan pori-pori.  Namun, untuk masalah lebih lanjut yang harus dihindari, yang terbaik adalah meminimalkan penggunaan produk kecantikan tertentu terutama saat berolahraga atau terlibat dalam rutinitas yang dapat membuat banyak berkeringat.

  2. Jangan terlalu sering menyentuh wajah

    Jerawat dapat memburuk ketika tangan kamu sering bersentuhan dengan pipi atau hidung ada peluang bagi bakteri untuk tumbuh jika kamu sering meletakkan tangan di wajah. Melakukan hal itu dapat mendorong pertumbuhan bakteri dan menyebabkan infeksi pada area yang berjerawat. Sebisa mungkin, pastikanlah untuk tidak terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan.

  3. Bilas wajah setelah pulang bekerja

    Untuk menghindari jerawat, bilas wajah tepat setelah pulang bekerja. Aktivitas ini meningkatkan panas tubuh yang dapat menghasilkan campuran keringat dan minyak permukaan. Ketika hal ini terjadi, zat terperangkap dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Untuk itu, pastikan untuk menghindari duduk-duduk dengan pakaian kerja yang berkeringat karena hal itu dapat menyebabkan timbulnya jerawat di berbagai tubuh.

  4. Jangan mencuci dan melakukan scrub terlalu sering

    Terlalu sering mencuci dan melakukan scrub mungkin hal yang benar untuk dilakukan, tetapi ini dapat menyebabkan masalah lebih lanjut. Kamu juga harus tahu bahwa kotoran bukanlah penyebab jerawat.

  5. Lakukan Facial secara rutin

    Langkah lain yang tidak boleh kamu lewatkan dalam rejimen kecantikan adalah melakukan Facial secara teratur, di mana ada proses eksfoliasi. Eksfoliasi dapat membantu mencegah dan menghilangkan kotoran yang tersumbat, pori-pori tersumbat dan sel-sel kulit mati semuanya berkontribusi terhadap jerawat. Kamu dapat melakukan perawatan Facial  BB Glow Skin Treatment di Alora - Hair, Beauty & Spa yang dapat mengatasi jerawat, noda bekas jerawat sekaligus mengurangi kerutan di wajah.

  6. Makan makanan sehat

    Salah satu faktor yang berkontribusi jerawat adalah makanan yang tinggi lemak trans dan makanan yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Untuk menghindari berjerawat, makan dengan benar dan hindari makanan berlemak dan berminyak yang dapat memicu jerawat. Penting juga untuk mengetahui alergi makanan.

Image 4: Manfaat penggunaan LED Light Therapy bersama Facial yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta


Itu tadi fakta seputar jerawat dan perawatan yang dapat mengatasi jerawat. Ada banyak hal untuk mengatasi jerawat. Salah satunya adalah dengan melakukan perawatan wajah yang benar dan memakai produk yang tepat. Facial dapat menjadi salah satu perawatan tepat untuk mengurangi jerawat. Alora - Hair, Beauty & Spa menawarkan layanan Facial dengan berbagai macam jenis yang dapat kamu pilih sesuai dengan keadaan kulit dan jenis kulit wajah.

Alora - Hair, Beauty & Spa merupakan Salon Rambut dan Family Spa award winning terbaik di Jakarta Barat yang menawarkan perawatan Facial yang mengkombinasikan Facial dengan High Frequency yang dapat memaksimalkan hasil dari Facial. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Facial, silakan cek di sini atau bisa juga menghubungi kami secara langsung.

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 813 9851 0226